Selasa, 26 April 2016

Penyebab Penyakit Stroke

Selamat datang di website PerawatanPenderitaStrokeSecaraAlami.blogspot.com. Memahami penyebab, gejala, pencegahan, pengobatan dan sumber daya penting lainnya untuk membantu penderita stroke di Inonesia.

Penyebab Penyakit Stroke

Penyebab Penyakit Stroke
Penyebab Penyakit Stroke - Stroke adalah penyakit yang mempengaruhi arteri yang menuju ke dan di dalam otak. Stroke terjadi bila pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak baik diblokir oleh bekuan atau semburan (atau pecah). Ketika itu terjadi, bagian otak tidak bisa mendapatkan darah (dan oksigen) yang dibutuhkan, sehingga dan sel-sel otak mati.

Ada dua jenis utama stroke - stroke iskemik dan stroke hemoragik - yang mempengaruhi otak dengan cara yang berbeda dan dapat memiliki penyebab yang berbeda.

Stroke dapat disebabkan baik oleh gumpalan menghalangi aliran darah ke otak (disebut stroke iskemik ) atau oleh pecahnya pembuluh darah dan mencegah aliran darah ke otak (yang disebut hemorrhagic stroke ). Sebuah TIA (transient ischemic attack), atau "mini stroke yang", disebabkan oleh gumpalan sementara.

Stroke iskemik terjadi bila pembuluh darah menjadi terlalu sempit atau tersumbat yang tidak cukup darah bisa melalui untuk memasok oksigen dan menjaga sel-sel otak hidup.
  1. Plak (atau penumpukan kolesterol -mengandung deposito lemak yang disebut arteriosclerosis ) di dinding pembuluh darah dapat mempersempit pembuluh darah yang memasok otak. Plak ini membangun sampai pusat pembuluh darah begitu sempit bahwa sedikit, jika ada, darah bisa melewati. Banyak hal termasuk kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi menyebabkan plak. Plak dapat terjadi pada pembuluh darah kecil yang memasok hanya sebagian sangat kecil dari otak, tetapi juga dapat terjadi di pembuluh darah besar di leher (karotis) atau di arteri besar ke otak (arteri serebral).
  2. Stroke iskemik mungkin juga disebabkan oleh kecil bekuan darah atau emboli yang masuk melalui aliran darah dan kemudian mendapatkan tersumbat di arteri ketika arteri menyempit. Gumpalan ini dapat berasal dari potongan-potongan plak di arteri yang lebih besar yang pecah atau dari gumpalan dalam hati.
Penyakit stroke iskemik dapat juga dipengaruhi oleh beberapa hal seperti :

  1. Merokok
  2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  3. Kegemukan
  4. Kadar kolesterol tinggi
  5. Diabetes
  6. Asupan alkohol yang berlebihan
Penyebab lain yang mungkin dari stroke iskemik adalah jenis denyut jantung tidak teratur disebut fibrilasi atrium , yang dapat menyebabkan pembekuan darah di jantung yang pecah dan melarikan diri dari hati dan menjadi bersarang di pembuluh darah yang memasok otak.

Stroke hemoragik terjadi ketika dinding pembuluh darah menjadi lemah dan darah kebocoran keluar ke otak.

  1. Stroke hemoragik cenderung lebih serius daripada stroke iskemik. Kematian terjadi pada 30% sampai 50% dari orang-orang dengan jenis stroke. 
  2. Selain memiliki penurunan aliran darah melewati kebocoran, darah di sel-sel kerusakan otak otak seperti yang terurai. Jika banyak darah bocor keluar, hal itu dapat menyebabkan penumpukan tekanan di otak karena otak tertutup dalam tengkorak. Tidak ada ruang untuk jaringan otak untuk memperluas, sehingga darah bocor dapat menekan dan membunuh daerah penting dari otak.
Penyebab utama dari stroke perdarahan hemoragik adalah tekanan darah tinggi, yang dapat melemahkan arteri di otak dan membuat mereka rentan untuk membagi atau pecah. Hal-hal yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi meliputi :
  1. Kelebihan berat badan atau obesitas
  2. Minum alkohol berlebihan
  3. Merokok
  4. Kurang olahraga
  5. Stres, yang dapat menyebabkan kenaikan sementara tekanan darah 
Stroke hemoragik juga bisa terjadi sebagai akibat dari pecahnya ekspansi balon-seperti pembuluh darah ( aneurisma otak ) dan buruk-membentuk pembuluh darah di otak.

Bagaimana mengurangi resiko penyakit stroke ?

Dalam banyak kasus adalah mungkin untuk secara signifikan mengurangi risiko terkena stroke dengan melakukan perubahan gaya hidup untuk menghindari masalah seperti atherosclerosis dan tekanan darah tinggi. Ini termasuk hal-hal seperti memiliki pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, berhenti merokok jika Anda merokok dan pemotongan di atas jumlah alkohol yang Anda minum.

Sumber :
  • http://www.emedicinehealth.com/stroke/page2_em.htm
  • http://www.ahlinyaobatherbal.com/obat-stroke-herbal-terbaik/
  • http://www.nhs.uk/Conditions/Stroke/Pages/Whosatriskpage.aspx
Baca juga artikel lainnya :


Penyebab Penyakit Stroke

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar